Kamis, 12 Januari 2012

Demo bikin Mayonaise

Matkul  : Pengolahan Makanan
Dosen    : Bpk. Kusnadi (STP Bandung)
Lokasi    : Kampus STIEPAR Bandung

Hmmh, setelah ±1 bulan belajar teori akhirnya ada praktek juga hehe. -ini postingan lama lho hehe-. Sebenernya cuma demo sih, tapi  yang penting out of the theory :D *padahal cuma bikin mayo doang hohoho. Ini pertama kalinya aku belajar cooking *sedih amat ye :’D. Ternyata tidak seburuk dugaanku (maybe). Kebetulan bikinnya di kelas bukan di kitchen. Matkulnya hari Jum’at, jadi pas bgt kita lagi pake batik “Indonesia, jengjengjengjeng, Indonesia, jengjengjengjeng” *ga jelas :D. Hmmh, demonya langsung kita yang handle. Karna di kelas emang banyaknya dari SMK Pariwisata, jadi pasti udah ga asing sama si mayo ini. Bikinnya 2x pecah/ terpisah antara salad oil dan egg yolknya :D. tapi tenang, semua ada solusinya *_^ tingtingting (bukan ayu tingting ya) :p. maaf ya videonya ga tau nih ga bisa di upload aja :(

Bahan-bahannya: egg yolk, salad oil, white wine vinegar, L&P sauce, lime/ lemon juice, salt, pepper.
Di bawah ini ada sebagian foto bahan2nya. Monggo di tengok saja.

Notes:
1.       Tentukan quantity yang kita inginkan, baru tambahkan seasoning. Karena jika di awal kita menambahkan  seasoning kebanyakan, otomatis kita akan menuang salad oil sampai mencapai rasa yang kita inginkan. Tapi jika quantity yang kita perlukan hanya sedikit, secara otomatis juga sisa mayo yang kebanyakan akan terbuang. Jadi, tujuannya untuk mengefisiensikan kerja kita.
2.       Penyebab adukan pecah/ terpisah:
·         Penambahan white wine vinegar yang berlebihan
·         Pengadukkan (stir) yang tidak konstan
·         Suhu adukan panas (gesekan antara balloon whisk & whisking bowl)
3.       Solusi jika adukan egg yolk&salad oil pecah/ terpisah:
·         Tambahkan white wine vinegar secukupnya, karena jika terlalu banyak akan mengubah tekstur & rasa.
·         Pengadukkan sebaiknya dilakukan pelan dengan kecepatan yang konstan. Selama salad oil dituang, kocokan tidak boleh berhenti karena akan membuat adukan pecah. Pengadukan dilakukan 1 arah (clockwise or counter clockwise), tetapi boleh berubah jika adukan sudah kental dan tetap dengan kecepatan yang konstan.
·         Jika adukan pecah/terpisah, bisa dilakukan metode – metode di bawah ini:
-    Double Whisking Bowl: whisking bowl yang berada di bawah diisi es batu, towel sebagai underliner, letakkan whisking bowl yang berisi adukan yang pecah di atasnya, stir kembali.
-    Stir mustard: (jika pada awalnya hanya egg yolk&salad oil saja yang di stir). Stir mustard, lalu masukkan adukan yang pecah sedikit demi sedikit.
-    Buat dari awal lagi: Stir egg yolk&salad oil sampai agak kental, lalu masukkan adukan yang pecah sedikit demi sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar